Welcome To My Blog

Semua Berawal dari Sebuah Kemauan untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik,.

Sabtu, 03 Maret 2018

STUDI KELAYAKAN HASIL PENGEMBANGAN FLASH INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK

Oleh:
Erie Agusta

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan hasil pengembangan media flash interaktif Biologi berorientasi model self-regulated learning berbasis saintifik jika ditinjau dari sisi expert judgment. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Intrumen penelitian menggunakan lembar wawancara terstruktur. Expert yang digunakan terdiri dari tiga kelompok, yakni expert materi, media, dan bahasa. Expert materi membahas aspek kelayakan isi flash, expert media membahas aspek kelayakan kegrafikan dan kejelasan langkah model SLRBS di dalam flash, dan expert bahasa membahas aspek kelayakan bahasa yang ditampilkan oleh media flash. Teknik analisis data menggunakan analysis interactive model yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusions. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dari 32 indikator kelayakan hanya 7 indikator yang terindikasi revisi. Aspek materi yang diperbaiki adalah indikator kedalaman, keluasan materi, mendorong keingintahuan, dan mendorong kemampuan bertanya. Aspek media yang menjadi perbaikan adalah indikator penataan gambar, dan tingkat interaktif media dengan peserta didik. Aspek bahasa yang perlu direvisi adalah indikator ketepatan struktur kalimat karena ada beberapa kalimat yang salah tulis dalam penyajiannya. Simpulan penelitian ini adalah media flash yang dikembangkan terkatagori layak namun masih memerlukan revisi dibeberapa indikator.

Kata kunci: media, flash, Self-Regulated Learning Berbasis Saintifik (SRLBS)

Full Text 

Tidak ada komentar: